3/15/2019

Otodidak, Berikut Tips Pemotretan Profesional Bagi Newbie

Tips Pemotretan Profesional Bagi Newbie
Source : Pexels.com


Dunia fotografi saat ini menjadi hobi yang sangat digemari oleh banyak orang, apalagi dengan banyaknya jenis kamera, dan smartphone serta kehadiran banyak media sosial. 

Sehingga membuat orang ingin memotret dan membagikan hasil karyanya melalui media sosial yang dimilikinya. Namun, saat masih newbie atau pemula mungkin foto yang anda dapat tidak seperti yang anda bayangkan.

Foto yang kita ambil dirasa kurang bagus bahkan membuat kita sering berfikir dan membandingkan hasil karya foto kita dengan orang lain.

Menghasilkan gambar yang lebih baik dan lebih bagus memang menjadi impian setiap orang terutama bagi kita yang masih belum profesional.

Berikut tips pemotretan profesional yang sangatlah mudah untuk menghasilkan foto yang bagus seperti fotografer handal :

Tips Pemotretan Profesional untuk Newbie


1. Kuasai Dasar Fotografi


Salah satu dasar terpenting dalam dunia fotografi adalah komposisi, dengan komposisi ini kamu akan membuat foto menjadi artistik dan akan menjadi dramatis.

Komposisi yang dimaksud adalah penempatan subjek yang tepat beda penempatan posisi akan menghasilkan kualitas berbeda agar tidak tampak seperti biasa.

Cobalah potret dari dekat bergerak maju selangkah atau dua langkah lebih dekat ke subjek lihatlah perbedaan memotret dekat dan jauh.

Berikut cara pengambilan foto terbaik untuk pemula

Inti penuhilah layar dengan subjek dari dekat dan jauh semakin dekat kita akan menangkap ekspresi atau aura bagus dari subjek.

Sebelum membidik subjek sebaiknya memahami dari mana arah cahaya karena sangat penting untuk tips pemotretan profesional untuk menghendaki hasil bagus.

2. Memotret Setiap Hari


Salah satu cara mudah untuk melatih skill yang bagus untuk fotografi adalah sebanyak mungkin latihan memotret setiap hari secara maksimal.

Habiskan waktu beberapa jam dalam sehari untuk memotret atau sekedar melatih setting kamera.

Dalam hal ini juga dibutuhkan untuk mengatur cahaya dan memperhatikan bayangan jangan sampai foto yang dihasilkan terlalu gelap sehingga kurang bagus.

Manfaatkan flash pada siang hari untuk menciptakan efek bayangan siang hari untuk menerangi bayangan yang seharusnya tidak muncul dari subjek.

Itu juga adalah salah satu tips pemotretan profesional bagi kita yang masih awam akan dunia fotografi jadi karya bagus.

3. Jangan Tergesa Gesa dalam Mengambil Foto


Tips pemotretan profesional berikutnya adalah tidak tergesa - gesa untuk memotret tombol shoot dan perhatikan pencahayaannya melalui viewfinder bila sudah pas tekan tombolnya.

Jangan terlalu sering melihat hasil, karena biasanya fotografer sering melihat hasil jepretan setiap menghasilkan gambar.

Hal tersebut bisa membuat anda kehilangan momen penting.

Selain itu kita juga akan menghabiskan banyak baterai selain itu bingkai subjek dengan sesuatu foto agar hasilnya terlihat lebih menarik.

Mainkan pencahayaan  dan jangan dengan mengarah matahari hal ini akan mengganggu dan membuat hasil foto tidak jelas  dan hasilnya tidak bagus.

4. Bergabunglah dengan komunitas fotografi


Bergabung dengan komunitas dapat menambah wawasan anda dalam menghasilkan gambar yang lebih bermutu.

Anda dapat mencoba bergabung dengan beberapa komunitas fotografer yang telah tersedia di berbagai akun sosial media.

Dari grup fotografi kita bisa belajar dan akan memiliki banyak wawasan yang luas dan melakukan tips pemotretan profesional.

Selain bergabung dengan komunitas fotografi kita juga bisa membeli buku panduan tentang fotografi untuk menambah ilmu tentang pengetahuan lebih luas.

Karena tak selamanya memiliki kamera yang mahal bisa melakukan tips pemotretan profesional, jadi mulailah belajar dengan menggunakan smartphone yang kita punya.

Demikianlah penjelasan dan info tentang tips pemotretan profesional bagi newbie di dunia fotografi.

Terdapat banyak hal bagi para pemula yang harus dipelajari dan juga dipraktekkan untuk mendapatkan tangkapan gambar yang bagus.

Sekilas terlihat susah, namun jika anda terus berusaha, pasti anda bisa menjadi seorang fotografer yang profesional.

Semoga artikel ini dapat menjadi ilmu dan wawasan untuk menghasilkan karya yang lebih bagus.


BAGIKAN KE :

Comments


EmoticonEmoticon